Pages

Senin, 30 November 2009

KRI SURABAYA- 591 TIBA DI INDONESIA

http://www.tnial.mil.id/Artikel/tabid/61/articleType/ArticleView/articleId/245/KRI-SURABAYA-591-TIBA-DI-INDONESIA.aspx

Kesibukan mulai terlihat dipangkalan terbesar TNI AL Koarmatim ujung Surabaya dengan berdatangannya alutsista Kapal perang baru yang dibangun di Belanda dan Korea Selatan. setelah beberapa waktu lalu Kapal perang KRI Makasar dan KRI Diponegoro datang kini giliran KRI Surabaya-591 tiba di Indonesia untuk bergabung memperkuat Armada Kapal Perang Indonesia.

Kapal Perang Republik Indonesia KRI Surabaya (KRI SBY) 591, Sabtu (15/9), akhirnya tiba di Tanah Air setelah berlayar selama delapan hari dari Busan, Korea Selatan. Kedatangan kapal disambut Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Balikpapan Letkol Laut (P) Ahmad Heri Purnomo. Kapal buatan Daesun Shipyard Building Company, Busan, ini tiba di Tanah Air melalui Shanghai, Taipei, Hongkong dan Manila.

Kedatangan Kapal tersebut bersandar pertama kali di Pelabuhan Semayang, Balikpapan, Kalimantan Timur. Kapal jenis landing platform dock (LPD) ini mampu mengangkut 400 personil tempur, dua kapal landing craft unit, 22 tank dan 3 helikopter. Kapal dengan panjang 122 meter dan lebar 22 meter ini juga dilengkapi dengan senjata meriam boffors 40 mm dan mitraliur oerlikon 20 mm.

Komandan KRI SBY 591 Letkol Laut Suhartono mengatakan, kapal ini akan dipakai TNI Angkatan Laut operasi amfibi, operasi gabungan kekuatan darat dan laut, embarkasi dan debarkasi kendaraan tempur serta operasi penanggulangan bencana alam.
Selamat datang LPD kedua indonesia. Kapal pertama yang lebih dulu datang KRI 590 Makassar. Kapal perang milik AL ini dibuat di Daesun Shipboilding dan Engineering Co, Ltd. Busan Korea Selatan. Dua kapal lagi akan dibuat di PT PAL .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar