Pages

Senin, 30 November 2009

TNI AL PERKUAT KAPAL PERANG BUATAN PT PAL

TNI AL kembali memperkuat armadanya dengan kapal perang baru produksi putra-putri Indonesia dari PT PAL Surabaya. Kapal perang tersebut bernama KRI Banjarmasin-592 jenis LPD (Landing Platform Dock), dan pada Sabtu 28 November 2009 di Dermaga Divisi Kapal Niaga PT. PAL Ujung Surabaya diresmikan oleh Menteri Pertahanan RI Prof. Dr. Ir. Purnomo Yusgiantoro.

Turut hadir pada acara peresmian tersebut Kasum TNI Laksamana Madya TNI Y. Didik Heru Purnomo, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Madya TNI Agus Suhartono, SE, pejabat teras Dephan dan Mabesal, serta para Panglima Komando Utama TNI Angkatan Laut. Upacara peresmian ditandai dengan kegiatan penyematan tanda pangkat dan jabatan Komandan KRI Banjarmasin-592 oleh Menhan RI kepada Letkol Laut (P) Eko Jokowiyono sebagai komandan KRI Banjarmasin-592 yang pertama. Kemudian dilanjutkan dengan pengguntingan pita, peninjauan kapal dan foto bersama yang diikuti oleh seluruh ABK (Anak Buah Kapal) KRI Banjarmasin-592.

KRI Banjarmasin-592 merupakan salah satu kapal perang dari 2 kapal kapal perang jenis LPD pesanan TNI AL yang dibangun di PT PAL Surabaya. KRI Banjarmasin-592 direncanakan akan dioperasionalkan di bawah komando Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil).

Spesifikasi teknis KRI Banjarmasin-592 : Panjang kapal 125 meter, lebar 22 meter, bobot 7300 ton, kecepatan 15 knot, ABK 126 personel ditambah mampu menampung 562 pasukan berikut 5 unit helicopter serta dua LCVP (sekoci pendarat).

Dalam pengarahannya kepada ABK KRI Banjarmasin, Menhan RI berpesan agar kapal ini dipelihara, dijaga dan dirawat dengan baik. “Kita telah mengetahui bahwa kapal ini dibuat dengan uang rakyat, untuk itu saya minta peliharalah kapal ini dengan sebaik mungkin. Baca betul pelaksanaan prosedur tentang pemeliharaan kapal ini, dan secara terus menerus laksanakan latihan. Karena dengan latihan secara kontineu, kita menjadi profesional dan akan mampu untuk menghadapi keadaan darurat,”kata Menhan RI menegaskan.

Ini gue ambil dari:http://www.tnial.mil.id/tabid/61/articleType/ArticleView/articleId/2106/TNI-AL-PERKUAT-KAPAL-PERANG-BUATAN-PT-PAL.aspx

Tidak ada komentar:

Posting Komentar