Pages

Selasa, 20 April 2010

Koja berduka.

Sekarang ini,hampir setiap orang Indonesia mengetahui kerusuhan di koja.Kegiatan yang awalnya ingin menggusur bangunan disekitar makam Mbah Priok menjadi kejadian yang sangan mengerikan.
Terjadinya bentrok terbuka antara warga melawan satpol PP yang dibantu kepolisian.Awalnya satpol PP dapat menguasai keadaan.Tapi,warga yang sebelumnya siap menjaga makam telah mempersiapkan diri dengan benda tajam,malotov serta batu-batuan.Keadaan berbalik.Massa berhasil menguasai keadaan dan mulai menunjukan kemampuannya.Satpol PP yang kalah dalam jumlah personil,akhirnya mundur dengan beberapa puluh yang terluka dan 3 meninggal dunia.

Dalam kerusuhan itu,sebenarnya siapa yang salah ya?
Menurut saya,salah semua.Kurangnya "PDKT" dari pemprof maupun pemda setempat mengakibatkan warga salah pengertian dan menduga yang digusur adalah makamnya.
Satpol PP juga salah.Kenapa langsung mengerahkan personil?Nggak "PDKT" juga..
Menurut saya juga warganya salah.Mempertahankan makam ya boleh.Tapi apa mungkin satpol PP yang nggak berdaya lagi masih dipukul.Udah gitu pake bakar mobil satpol PP lagi.Lah mobil itu juga punya negara.Kalau mobil itu dibakar,warga sendiri yang rugi.Mobil itu kan belinya pakai duit rakyat.

Menyikapi desakan dibubarkannya satpol PP,saya harap ditunjau ulang.Jumlah personil satpol PP itu ribuan banyaknya.Bagaimana kalau dibubarkan?Mereka mau kerja apa?
Jadi pengangguran gitu?Bakalan nambah ni jumlah pengangguran di Indonesia.Sekarang aja yang pengangguran udah segitu gedhe.Gimana kalau ditambah pembubaran massal satpoll PP.
Menurut saya,janganlah dibubarkan.Tetapi,harus ada batasan yang jelas tugas satpol PP.Buat aturan yang jelas bagaimana lembaga ini merupakan lembaga yang bermartabat.
Suatu saat,saat sesuatu yang tidak diinginkan terjadi,satpol PP bisa menjadi angkatan ke-3 (setelah TNI dan KEPOLISIAN).

Cuma sedikit pesan kekalahan satpol PP di koja dikarenakan kurangnya kordinasi sesama anggota dan dikarenakan kebencian warga terhadap satpol PP yang notabena semena-mena dalam melaksanakan tugas.
Selain untuk mempertahankan sesuatu yaitu makam,massa juga diberi motivasi kebencian terhadap satpol PP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar